Ingin Belanja Online di Instagram Tapi Takut Kena Tipu? Perhatikan Hal – Hal di Bawah Ini 

belanja online di Instagram

Berbelanja secara online memang praktis tidak seperti belanja online yang mengharuskan kita datang ke tokonya langsung untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. Dengan adanya kemajuan teknologi dan bisnis online yang semakin menjamur, kini berbelanja bisa hanya dari rumah saja. 

Untuk berbelanja melalui Instagram, Anda perlu berhati – hari, karena tidak semua penjual yang ada di Instagram itu benar – benar jujur. Apabila Anda tidak teliti, maka akan sangat besar kemungkinan Anda kena tipu.

Lalu, bagaimana caranya, agar Anda tetap aman saat belanja online? Berikut adalah tips- tips nya yang dikutip dari laman Instagram @kemenag, (Jum’at 22/4/2021)

1. Manfaatkan Fitur “Tentang Akun Ini”

Ketika Anda menemukan produk yang Anda sukai di Instagram, jangan lupa untuk memeriksa akun yang menjual produk tersebut dengan cara membuka profil Instagram akun tersebut, lalu tab titik tiga dan pilih saja opsi tentang akun ini. 

Setelahnya, Anda akan diinformasikan mengenai berbagai hal tentang akun tersebut seperti tanggal bergabung, lokasi akun, dan nama pengguna sebelumnya. 

Jika Anda menemui informasi yang aneh, lebih baik jangan diteruskan untuk berbelanja.

2. Melakukan Riset

Sebelum adanya transaksi pembelian, untuk menjamin keamanan Anda berbelanja, maka lakukanlah riset. Cari tau, apakah bisnis tersebut sudah memenuhi standar atau belum. Baca – baca juga detail informasi produknya apakah aman untuk kesehatan Anda.

3. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah terjadi transaksi pembelian, jangan sampai Anda membuang bukti pembayaran Anda begitu saja. Simpan saja bukti transfernya sampai barang yang Anda beli benar – benar sudah sampai rumah. Dan apabila barang yang Anda beli adalah barang yang memiliki masa garansi panjang. 

Maka simpanlah juga bukti pembayaran tersebut sampai setidaknya masa garansi barang itu habis. Hal seperti itu akan sangat berguna untuk masa yang akan mendatang, apalagi jika barang – barang yang Anda beli adalah barang elektronik.

4. Jangan Ragu Untuk Melaporkan Akun Jika Terjadi Kecurangan

Ketika Anda sudah scroll Instagram dan Anda menemukan akun mencurigakan, termasuk akun bisnis online dan jualan. Jangan sungkan untuk melaporkan akun tersebut kepada Instagram. Caranya mudah sekali. Anda tinggal mencari profil dari akun Instagram penjual. Setelah itu, Anda bisa double tap pada bagian sisi kanan atas. 

Jika Instagram menanggapi, maka akun tersebut bisa saja hilang.

5. Menggunakan Rekber (Rekening Bersama)

Sebaiknya, Anda menghindari penjual online shop yang menyuruh pembeli nya untuk transfer secara langsung ke pembeli. 

Transaksi seperti itu sangatlah rawan, karena sekalinya kamu transfer ke penjual, lalu barang yang dikirim tidak seperti  yang diharapkan, maka uangnya pun tidak bisa ditarik lagi. Lebih parahnya lagi, ada kejadian sudah transfer namun barang tidak dikirim dan pembeli di-block

Cara membayar dengan rekber sebenarnya hanya sederhana. Anda bisa meminta penjual untuk meng-upload dagangannya ke situs e-commerce. Lalu jika sudah di-upload, Anda tinggal menunggu barangnya datang. 

Uang yang Anda transfer ke rekber akan ditahan oleh situs penyedia, dan akan dilepaskan kepada penjual ketika barangnya sudah sampai rumah Anda, dan barangnya cocok dengan Anda. 

Itulah tips – tips yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari penipuan saat belanja lewat Instagram. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Khususnya para pegiat bisnis online. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *