Pantai Plengkung Banyuwangi: Rumah bagi Peselancar Dunia

Pantai Plengkung Banyuwangi: Rumah bagi Peselancar Dunia

Pentas selancar dunia di adakan di Pantai Plengkung  yang biasa disebut dengan nama G-Land, Kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Lokasi pantai tersebut berada di Taman Nasional Banyuwangi Alas Purwo, pentas internasional selancar yang sangat bergengsi ini sudah dengan resmi dibuka Menpora, yaitu Zainudin Amali tanggal 27 Mei tahun 2022.

Nha, pada artikel kali ini, kita akan membahas dan memberi informasi seputar keindahan dari Pantai Plengkung serta bagaimana kondisi ombak pantai di sana yang bisa menjadikan kawasan tersebut sebagai rumah bagi peselancar hingga diadakannya pentas selancar dunia yang tentunya sangat bergengsi.

Mendengar fakta tersebut, tentu banyak dari Anda semua yang penasaran dan bertanya-tanya, Kok bisa Pantai Plengkung menjadi salah satu kawasan yang dipilih dan dipercaya sebagai lokasi digelarnya ajang dunia tersebut. Nah, untuk menjawab pertanyaan yang muncul di kepala Anda. Silahkan simak ulasan dan review dari keindahan pantai ini sampai habis.

Keindahan Pantai Plengkung

Pantai yang berada di Banyuwangi ini mempunyai pesona alam dan keindahan yang begitu mengagumkan. Dimana penampakan alam yang begitu indah berpadu menjadi satu, mulai dari pasir pantainya yang putih bersih dan halus dan dipadukan oleh hamparan laut jernih yang luas, tidak hanya itu saja ada pula bebatuan karang yang turut memanjakan mata, ditambah hijau pepohonan yang semakin menjadikan kawasan tersebut tampak eksotis dan sayang untuk dilewati.  

Wisatawan yang mengunjungi Pantai Plengkung ini bisa melakukan banyak aktivitas seru, seperti menyelam baik itu snorkeling atau diving, selain aktivitas di dalam laut wisatawan yang hadir juga bisa menikmatinya dengan berkeliling di Taman Nasional, di sana Anda bisa melihat dan menyaksikan secara langsung satwa liar yang sengaja dibuat berkeliaran dengan bebas, mulai dari rusa hingga kera.

Mengunjungi pantai di Banyuwangi ini belum lengkap rasanya bila Anda tidak mengabadikan setiap momen saat berada di sana, begitu banyak lokasi yang bisa dijadikan spot berfoto. Hal ini dirasa sangat perlu, karena siapa sih yang tidak mau mendokumentasi diri dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah dan mempesona ini, apalagi lokasinya di Indonesia.

Anda bisa menuju ke Pantai Plengkung Banyuwangi tersebut memakai kendaraan dengan menempuh jarak sekitar 50 kilometer atau waktu memakan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam bila berangkat dari pusat Banyuwangi.

Pantai Plengkung Banyuwangi: Rumah bagi Peselancar Dunia

Karakteristik Ombak Pantai Plengkung

Tentu saja Pantai Plengkung menawarkan berbagai macam pilihan karakter ombak untuk para peselancar yang penasaran untuk mengetes keahlian mereka dalam berselancar. Mulai dari para peselancar pemula sampai peselancar yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, semuanya bisa mencoba berselancar di sini.

Ombak yang ada di Pantai Plengkung ini mempunyai sebanyak 3 tingkatan, yaitu Kong Waves, lalu ada Speedis Maves serta Many Track Waves. Untuk para peselancar pemula atau peselancar baru, bisa memakai tipe ombak yang Many Track Waves yang mana ketinggian ombaknya 3 sampai 4 meter.

Sementara untuk para peselancar menengah, bisa menikmati untuk tipe ombak Speedy Waves yang ketinggian ombaknya  dari 5 sampai 6 meter. Bila Anda merupakan peselancar yang sudah profesional atau sudha mahir maka akan memakai Kong Waves dengan ketinggian ombak mencapai 6 sampai 8 meter.

Karena alasan inilah, Pantai Plengkung menjadi tempat untuk menggelar pentas selancar kelas dunia. Fakta ini pun menjadi bukti, bahwa memang pantai yang berada di ujung Jawa Timur ini, selain indah juga memiliki banyak tipe ombak. Maka tidak heran bila Menpora meresmikan Pantai Plengkung menjadi tempat digelarnya ajang selancar dunia yang sangat bergengsi itu.

Memiliki Ombak Kedua Terbaik Di Dunia

Kemenparekraf mengatakan di situs resminya, dimana Pantai Plengkung Banyuwangi atau lebih dikenal oleh para wisatawan dunia dengan sebutan G-land ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan asing, sebab dianggap sebagai surga tersembunyi yang menyimpan banyak keindahan khususnya bagi para peselancar.

Pesona alam yang memanjakan mata dengan pemandangan birunya lautan luas dan garis ombaknya yang memanjang, besar dan tinggi, membuat selancar dari berbagai negara pun merasa tertantang untuk mencoba menaklukkan ombak yang ada di Jawa Timur ini.

Panjang dari ombak pantai terbaik nomor dua di dunia ini bisa sampai 2 km dengan tinggi ombak sampai 8 meter. Gelombang air yang diciptakan di pantai tersebut seringkali membentuk sebuah tabung udara dan begitu sempurna. Maka tidak heran bila ombak yang ada di Pantai Plengkung tersebut dianggap sebagai kedua terbaik di dunia sesudah ombak di pantai yang ada di Hawaii.

Nah itulah tadi informasi singkat seputar Pantai Plengkung yang ada di Banyuwangi provinsi Jawa Timur. Tidak hanya menawarkan keindahan pantai, dan lautnya saja namun juga ombaknya termasuk yang paling dicari oleh para peselancar profesional sehingga pantai tersebut dijadikan tempat untuk menyelenggarakan ajang bergengsi yaitu pentas selancar dunia.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *