Sudah Mulai Diberikan Kelonggaran, Staycation Masih Jadi Trend?

Sebagaimana yang kita ketahui bersama-sama bahwa ketika pandemi yang terjadi belum lama ini melanda Indonesia dan negara lain ya tentu memberikan dampak pada aktivitas masyarakat, khususnya kegiatan berlibur.

Walau sebenarnya kegiatan tersebut  bukannya tidak bisa dilakukan, hanya saja kita saat itu memang harus sangat berhati-hati dan wilayahnya sangatlah terbatas. Sebab pemerintah sempat mengeluarkan edaran agar masyarakat tidak berlibur keluar kota bahkan keluar pulau.

Jadi, mau tidak mau kebanyakan orang memilih untuk melakukan kegiatan berlibur ini hanya di kota tempat mereka tinggal saja. Tetapi ini pun sangat terbatas karena destinasi-destinasi wisata banyak yang ditutup.

Karena hal tersebutlah akhirnya muncul kata staycation di mana kegiatan ini adalah pengganti liburan. Kita hanya bisa berlibur di penginapan-penginapan atau hotel sebagai pelepas penat karena merasa suntuk dan juga bosan setelah 24 jam hanya di rumah saja.

Alasan-alasan mengapa masih banyak yang memilih untuk melakukan staycation

Siapa yang menyangka jika ternyata walaupun pemerintah telah menetapkan atau mengumumkan bahwa pandemi sudah berubah menjadi endemi. Nyatanya kegiatan station masih menjadi salah satu favorit masyarakat, khususnya anak-anak muda di zaman ini.

Lalu apa alasan mereka masih tetap memilih untuk staycation dibandingkan vacation, berikut diantaranya :

  • Lebih hemat

Alasan pertama mengapa staycation masih menjadi salah satu kegiatan favorit banyak orang di era new normal ini adalah karena jauh lebih murah dibandingkan harus vacation yang pastinya membutuhkan biaya lebih banyak.

Walaupun station terlihat mahal karena masih harus menyewa atau memesan kamar hotel dan pergi agak jauh dari tempat kita tinggal. Tetapi staycation tetaplah murah karena kamu tidak harus mempersiapkan banyak hal contohnya seperti tiket pesawat, menyewa kendaraan untuk transportasi atau biaya lainnya.

Karena ketika staycation kamu hanya menyewa satu kamar di sebuah penginapan ataupun hotel di mana mereka telah menyediakan fasilitas yang benar-benar kamu butuhkan untuk menikmati liburan singkat tersebut.

  • Bisa mengeksplorasi daerah yang ditinggali

Alasan yang kedua adalah staycation merupakan salah satu cara untuk mencari destinasi wisata di daerah tempat kamu tinggal. Contohnya kamu saat ini berdomisili di kota Yogyakarta, tentunya belum semua area atau kawasan Jogja kamu.

Nah, ini adalah salah satu kesempatan bagi kamu untuk bereksplorasi mencari destinasi wisata yang belum sempat dikunjungi. Lakukan pula reservasi penginapan yang terlihat menyenangkan tetapi tetap murah dan memiliki fasilitas pendukung yang memadai.

  • Tidak harus membuat rencana

Ketika kamu ingin berlibur ke tempat yang cukup jauh tentunya ada banyak hal yang harus kamu persiapkan, misalnya harus mengambil cuti berapa lama, ketika di sana akan melakukan apa saja, memikirkan biaya penginapan dan lain sebagainya.

Tetapi ketika kamu ingin staycation, semua hal tersebut tidaklah menjadi terlalu rumit atau ribet. Sebab kegiatan ini jauh lebih simple dibandingkan harus staycation ke luar kota yang membutuhkan persiapan matang.

  • Lebih santai karena banyak waktu luang

Ketika kamu akan berlibur atau vacation ke luar kota tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tempat tujuan. Tetapi saat kamu melakukan staycation waktu yang kamu miliki jauh lebih banyak karena pastinya tempat destinasinya lebih dekat.

  • Tidak perlu ambil cuti

Ketika kamu ingin melakukan staycation, kamu tidak perlu meminta waktu cuti dari tempatmu bekerja. Karena kegiatan ini bisa dilakukan saat akhir pekan. Bahkan apabila kamu merupakan salah satu orang yang kerap ditunjukkan untuk pergi ke luar kota, maka hal tersebut juga bisa kamu manfaatkan.

  • Bisa dilakukan saat momen tertentu

Karena berbagai kelebihan dan kekurangan yang sudah disebutkan, konsep liburan ini bisa menjadi pilihan untuk merayakan sesuatu. Ini bisa menjadi hadiah ulang tahun untuk istri, anak-anak atau orang tua. Atau merayakan pernikahan, kelulusan sekolah, dll. Menghabiskan akhir pekan bersama lebih dekat dengan rumah bisa menjadi momen yang spesial.

  • Sangat membantu bisnis lokal

Kamu sadar atau tidak ketika melakukan staycation, kamu sudah membantu banyak bisnis lokal. Mengapa? karena kamu dan banyak orang ketika pandemi hanya melakukan kegiatan berlibur di dalam kota saja. Sehingga banyak usaha UKM mulai dari kuliner hingga penginapan yang lebih laku dibandingkan saat-saat sebelumnya.

  • Memperoleh pengalaman baru

Mendapatkan pengalaman baru tidak hanya ketika kamu berlibur ke luar kota saja, tetapi menikmati berlibur ala staycation juga bisa memberikan pengalaman menyenangkan dan pastinya berbeda dari yang lain.

Dapat menjaga mood, tetap bertemu dengan banyak orang, termasuk sahabat, selain itu melakukan eksplorasi keindahan dari daerah tempat tinggal kita dengan waktu yang cukup cepat akan memberikan kamu kenangan yang berbeda.

Nah, demikianlah tadi beberapa alasan mengapa walaupun pandemi telah berlalu. Namun, masih banyak orang yang suka melakukan kegiatan staycation dan hingga kini masih menjadi trend, khususnya di kalangan anak muda.

 


Posted

in

by