Daftar Wisata Air Terjun di Lombok yang Masih Alami

Lombok adalah daerah yang memiliki pariwisata yang sangat indah sekali. Bahkan masih ada beberapa lokasi yang belum banyak diketahui. Salah satunya adalah wisata air terjun yang ada di Lombok dan masih sangat alami. Dimana kamu pun harus tahu mana saja air terjun di Lombok yang masih sangat terjaga keindahan dan kelestariannya. 

Air Terjun di Lombok yang Masih Sangat Alami

Mengunjungi lokasi wisata yang masih terjaga kelestariannya, sudah pasti akan memberikan rasa bahagia. Apalagi ketika kamu sedang penat, mengunjungi lokasi-lokasi yang masih berbau alam, sudah pasti akan memberikan perasaan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa daftar air terjun di lombok yang masih sangat alami: 

Sendang Gile 

Air terjun pertama di Lombok yang masih alami adalah Sendang Gile. Air terjun yang terletak di Desa Senaru. Air terjun yang satu ini sangatlah indah dan masih terasa alami. Untuk menuju lokasi air terjun kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu. Kamu akan melewati hutan dan juga sungai sebelum sampai ke air terjun. 

Namun, tidak perlu khawatir karena saat kamu menyusuri hutan dan melewati sungai, tetap akan terpana dengan keindahan yang disajikan. Selama kamu trekking juga tidak akan merasa panas, karena suasananya sangatlah sejuk dan menyenangkan. Setelah sampai di air terjun Sendang Gile, kamu akan melihat air terjun dua tingkat yang sangat cantik sekali. 

Tiu Teja serta Tiu Sekeper 

Air terjun yang satu ini sendiri masih sangat terjaga sekali keindahan dan keasliannya. Tiu Teja dan Tiu Sekeper adalah air terjun yang dekat dengan Gunung Rinjani. Karena masih sangat alami, maka sudah jelas kamu tidak bisa mengunjungi air terjun ini dengan menggunakan kendaraan. 

Karena ketika kamu ingin ke air terjun ini, maka harus mengikuti trekking yang sudah disediakan. Jadi, pastikan kamu harus memiliki stamina yang baik untuk bisa mengunjungi air terjun yang satu ini. Nah, keunikan dari air terjun ini yaitu terdapat pelangi di bagian bawahnya. Sehingga air terjun ini disebut Teja yang memiliki arti pelangi. 

Sama seperti Sendang Gile, ketika kamu trekking juga tidak perlu khawatir kepanasan. Karena udara di sekitar air terjun sangatlah sejuk dan menyenangkan. Kamu juga bisa berendam atau berenang di kolam yang ada di bawah air terjun. Sudah pasti kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan yang ada. 

Jeruk Manis 

Masih terletak di area kaki Gunung Rinjani, yaitu di sisi timur bagian dari gunung yang terkenal ini. Air Terjun Jeruk Manis ditemukan oleh penduduk sekitar yang berada di sekitar kaki Gunung Rinjani, yaitu sekitar tahun 80-an. Air terjun ini sendiri dikenal memiliki mitos sendiri oleh para penduduk sekitar. 

Salah satunya adalah untuk mendapatkan rambut yang indah. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggunakan air terjun untuk keramas. Nah, keindahan air terjun yang satu ini sendiri sudah pasti tidak perlu kamu ragukan lagi. Karena, meski terkenal tapi untuk menuju air terjun ini juga tidak mudah. Sehingga tidak heran jika lokasinya masih sangat alami sekali. 

Umar Maya 

Untuk air terjun yang ada di Lombok ini sendiri sangatlah berbeda, karena bukan dari keindahan air yang jatuh dari ketinggian. Umar Maya lebih dikenal dari warna kolamnya yang sangat cantik. Untuk ketinggian air terjun ini sendiri hanya memiliki tinggi 5 meter saja, sehingga tidak terlalu tinggi dibandingkan air terjun lainnya. 

Kamu bisa melihat keindahan air kolamnya yang memiliki warna berbeda, mulai dari biru langit hingga hijau tosca. Hal lain yang membuat kolam di Umar Maya ini terlihat indah adalah susunan bebatuan yang mendukung keindahannya. Kamu juga bisa menikmati kesegaran dari kolam di Umar Maya yang sudah pasti menyenangkan. 

Bale Adem 

Jika ingin mencari lokasi air terjun yang masih sangat alami di Lombok, maka Bale Adem adalah salah satu yang harus kamu kunjungi. Tapi, kamu harus tahu bahwa air terjun yang satu ini tidak mudah untuk didatangi. Karena butuh waktu setidaknya 6 jam berjalan kaki yang mana memang belum lama ditemukan. 

Jadi, sudah pasti tidak ada jalan untuk sampai ke lokasi. Maka daripada itu, jika ingin mengunjungi Bale Adem, kamu harus benar-benar kuat secara fisik. Apalagi kamu akan melewati puluhan sungai dan persawahan untuk bisa sampai ke lokasi. Jadi, persiapkan dengan matang jika ingin ke lokasi air terjun Bale Adem. 

Itulah beberapa daftar dari air terjun yang bisa kamu kunjungi di Lombok dan masih terbilang sangat alami. Kamu tidak akan bosan melihat keindahan alam yang disediakan oleh Tuhan ini. Namun, karena masih alami untuk bisa mencapai lokasi harus siap dengan trek yang tidak mudah. 

 


Posted

in

,

by