Meski Tertutup, Korea Utara Menyimpan Banyak Tempat Wisata Menarik

korea utara

Korea Utara adalah negara yang sangat tertutup dan juga penuh propaganda. Meski banyak sekali hal dari negara tersebut yang sangat tertutup, bukan berarti Anda tidak dapat mengunjunginya. Indonesia sendiri juga menjalin kerja sama dengan negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini. Maka, tidak heran jika Anda pun bisa datang dan berwisata di Korea Utara. 

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya, apakah di Korea Utara ada tempat wisata yang menarik? Tentu saja ada. Bahkan Anda akan terpikat dengan lokasi-lokasi yang bisa dikunjungi di negara tersebut. Dimana saja lokasi wisata menarik di Korea Utara? Yuk, simak terus pembahasannya berikut ini. 

Tempat Wisata Menarik di Korea Utara 

Korea Utara boleh saja penuh dengan cerita yang cukup menyeramkan, tapi nyatanya di negara tersebut banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari indah hingga menguji adrenalin. Tapi, tetap saja ada beberapa aturan yang harus Anda patuhi. Salah satunya adalah selalu bepergian bersama dengan tour guide. 

Korea Utara menerapkan aturan ini dengan sangat ketat. Apabila Anda ketahuan jalan-jalan sendiri tanpa didampingi, maka bisa jadi runyam. Selama ada tour guide, Anda bisa dengan bebas melihat-lihat beberapa lokasi wisata di negara ini. Berikut ini adalah beberapa tempat di Korea Utara yang menarik untuk Anda datangi: 

1. Juche Tower

Setiap negara pasti punya satu landmark yang wajib sekali untuk dilihat, dimana Korea Utara pun juga memilikinya, yaitu Juche Tower. Seluruh paket wisata ke Korea Utara pasti akan ada jadwal untuk mengunjungi menara yang satu ini. Juche Tower merupakan kebanggan dari masyarakat Korea Utara. 

Tower yang mempunyai tinggi 170 meter ini sendiri merupakan simbol dari ideologi politik Juche. Politik yang satu ini sendiri dikenalkan oleh Kim Il Sung. Pada ulang tahunnya yang ke 70 di 1982, menara ini pun selesai dibangun. Tidak heran jika menara ini menjadi salah satu landmark dari Korea Utara. Apabila Anda datang ke Juche Tower, maka Anda bisa menikmati keindahan kota Pyongyang dari ketinggian. 

2. Kumsusan Palace of the Sun 

Lokasi wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Kumsusan Palace of The Sun. bangunan yang satu ini adalah sebuah gedung mewah yang berlokasi di pinggir Ibu Kota Pyongyang. Bangunan ini sendiri didirikan untuk dirinya sendiri serta Kim Jong Il  pada tahun 1976. 

Ketika Kim Il Sung meninggal dunia pada tahun 1994, Kim Jong Il mengubah fungsi dari bangunan ini menjadi mausoleum. Ia merombak seluruh bangunan menjadi sangat megah layaknya Taj Mahal di India. 

Anda bisa mengunjungi lokasi ini kapan saja, karena memang selalu dibuka untuk umum. Anda bisa melihat kemegahan bangunan ini yang mempunyai arsitektur sangat luar biasa. Hal paling menarik di Kumsusan Palace of the Sun adalah ketika waktu pembukaan. 

Dimana masyarakat Korea Utara akan datang secara bersamaan dan memberikan persembahan kepada pemimpin mereka. Kalau Anda berkunjung ke tempat ini, tidak akan lengkap rasanya jika tidak berfoto di depan bangunan dan di saat langit sedang cerah.  

3. DMZ 

DMz atau Korean Demilitarized Zone adalah perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Perbatasan ini sendiri dibuat saat perang Korea telah selesai. DMZ sendiri membagi dua semenanjung Korea dengan ukuran yang sama besar. Di perbatasan ini ada 38 panel khusus penjaga yang sangat ketat. 

Kalau kalian datang ke lokasi ini jangan heran jika suasananya sangat tegang. Karena tentara dari masing-masing negara menjaga perbatasan dengan sangat ketat. Bahkan pergantian penjaga pun dilakukan di waktu yang bersamaan. Mengunjungi lokasi ini, pasti akan merasakan betapa kedua negara benar-benar menjaga area masing-masing dengan sangat ketat. 

DMZ sendiri sangatlah sepi, bahkan terbilang sunyi. Tidak ada suara apapun. Tentara dari masing-masing wilayah hanya saling berhadapan tanpa bertukar kata. Bahkan pengunjung juga tidak boleh berisik. Hal ini sendiri karena bisa saja ada baku tembak yang akan terjadi. 

Walau begitu, mengunjungi DMZ sangatlah seru dan menegangkan. Ketika Anda keluar dari area DMZ pun, Anda akan diberikan sebuah souvenir. Meski begitu ada beberapa wisatawan yang merasa sangat sedih dengan kondisi ini. Karena bagaimanapun juga kedua negara awalnya adalah saudara. 

Itu adalah beberapa tempat wisata paling menarik di Korea Utara yang bisa Anda kunjungi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ketika mengunjungi Korea Utara, Anda tidak bisa seenaknya. Anda harus bersama dengan tour guide yang sudah disediakan. Jangan pernah sekalipun mencari tahu hal lain, walau Anda penasaran, lebih baik buang rasa tersebut. Jika Anda melanggar, bisa jadi Anda tidak akan pulang lagi ke Indonesia. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *