Tips Aman Staycation Ketika Pandemi

staycation

Staycation atau berlibur dengan menginap pada hotel maupun penginapan di suatu daerah, seperti vila. Di kesempatan seperti ini, Anda dapat menikmati segala sarana dan prasarana yang ditawarkan oleh tempat Anda menginap, misalnya makanan yang berbeda dengan di rumah atau pemandangannya.

6 tips staycation ketika pandemi

Biasanya liburan identik dengan Anda mengunjungi beberapa tempat wisata. Tetapi ketika masa pandemi seperti saat ini, Anda disarankan untuk tidak bepergian ke lokasi-lokasi ramai karena dapat meningkatan resiko tertular covid 19.

Untuk dapat menikmati suasana yang berbeda seperti di rumah, Anda bisa mencobanya. Apalagi staycation terbilang aman bagi Anda yang sudah mulai bosan dan butuh refreshing, dibanding harus berlibur ke lokasi ramai yang pastinya akan beresiko bagi kesehatan Anda.

Bahkan, berlibur dengan ala staycation ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, contohnya mengurangi stres, memperbaiki mood serta meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, suasana baru juga menyenangkan dan dapat membuat Anda lebih produktif ketika bekerja.

Apabila memungkinkan, Anda juga dapat tetap bekerja sambil menikmati staycation. Agar tetap aman dan sehat, berikut ini adalah tips aman berlibur ketika pandemi :

Berlibur dalam kondisi sehat

Sebelum Anda memutuskan untuk staycation, Anda harus memastikan jika tubuh dalam keadaan baik dan sehat. Karena bila pergi berlibur dengan kondisi sakit tentunya tidak menyenangkan selain itu juga beresiko tertular covid 19. Selain itu, jika ingin melakukan staycation saat pandemi, Anda diwajibkan untuk melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau rapid test.

Lokasi penginapan berapa di zona aman covid 19

Setelah Anda memastikan jika kesehatan diri serta keluarga, Anda juga harus mencari informasi apakah lokasi tempat akan menginap bebas dari covid 19 dan berada di wilayah yang aman. Karena lebih baik tidak mendekati atau berlibur di area berzona merah.

Kenapa? Karena itu artinya di wilayah tersebut kasus covid 19 masih tinggi dan tentunya resiko Anda tertular virus corona sangatlah besar. Jadi, carilah lokasi yang berzona nyaman agar liburan Anda menyenangkan dan dapat lebih menikmati suasana disana. 

Pilih tempat penginapan dengan protokol kesehatan ketat

Tipas aman melakukan staycation selanjutnya, yaitu mencari informasi mengenai penginapan atau hotel yang akan Anda sewa. Pastikan jika tempat tersebut menerapkan prokes (protokol kesehatan) yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan ketat. 

Seperti adanya physical distancing, serta melakukan pembatasan bagi jumlah wisatawan yang akan menginap. Untuk mendapatkan seluruh informasi tentunya Anda harus menghubungi CS (customer service) dari hotel atau penginapan yang dituju.

Pastikan kamar penginapan memiliki aliran udara yang baik

Selain mencari tahu mengenai apakah lokasi penginapan aman dan mematuhi prokes yang berlaku. Pastikan juga bila kamar yang akan digunakan memiliki ventilasi udara yang baik. Karena dengan adanya aliran udara di kamar tersebut, akan dapat menurunkan resiko tertular covid 19 atau virus lainnya. Tanyakan saja perihal hal ini kepada pihak hotel atau penginapan.

Tidak makan dan minum di buffet

Jika biasanya hotel akan menerapkan buffet ketika makan pagi (sarapan), siang ataupun malam. Ada baiknya Anda mencari hotel yang tidak menggunakan sistem tersebut selama masa pandemi. Karena bagaimanapun juga, ketika makan tentu akan bertemu dengan banyak orang yang Anda tidak tahu seperti apa kondisi kesehatan mereka.

Jadi, sebaiknya mintalah pada pihak hotel untuk mengantarkan makanan Anda ke kamar hotel atau penginapan. Dengan begitu, Anda tidak lagi khawatir harus berkerumun di restoran bersama pelanggan lainnya.

Penuhi jadwal vaksinasi covid 19

Hal satu ini juga merupakan syarat wajib yang harus Anda lakukan sebelum pergi berlibur atau staycation di masa pandemi. Yakni melaksanakan vaksin seperti yang disarankan oleh pemerintah, lengkapi jadwal imunisasi seperti seharusnya. 

Karena bila Anda sudah vaksin, resiko tertular atau gejala yang dialami akan lebih rendah dan tidak menjadi parah bila dibandingkan dengan mereka yang belum vaksin. Namun, tidak berarti setelah memperoleh vaksin COVID-19 Anda dapat melakukan perjalanan sesuka hati. Anda tetap disiplin menjalankan prokes (protokol kesehatan) kemana pun dan dimana pun. 

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin berlibur atau staycation ketika masa pandemi dengan aman untuk diterapkan. Selain itu, Anda disarankan agar selalu mempersiapkan barang pribadi, misalnya masker, hand sanitizer, perlengkapan mandi, alat makan dan hal lainnya.

Walaupun demikian memang lebih disarankan untuk tetap di rumah selama kasus penularan covid 19 masih tinggi. Namun, bila Anda tetap memutuskan untuk berlibur atau staycation, selalu pastikan Anda membawa alat pelindung serta selalu menerapkan prokes.

Seperti, obat-obatan pribadi misal obat diabetes, suplemen, atau obat lainnya yang memang diharuskan oleh dokter dan bila Anda tiba-tiba mengalami batuk, demam, pilek serta anosmia segera berkonsultasilah dengan dokter. Anda bisa menghubungi dokter langganan atau melalui beberapa aplikasi kesehatan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *