Tren Wisata Setelah Pandemi


Seperti yang kamu ketahui bahwa kemarin ketika pandemi covid berlangsung baik di Indonesia maupun di luar negeri hal tersebut sangat mempengaruhi berbagai sektor termasuk salah satunya sektor pariwisata. Di mana ketika kita ingin melakukan kegiatan tersebut, tidak lagi bisa bebas seperti sebelum-sebelumnya. 

Misalnya tidak boleh pergi bergerombol. tidak bisa masuk ke beberapa kawasan pariwisata dan untuk keluar kota saja harus mempersiapkan begitu banyak dokumen. Tentunya hal-hal tadi membuat sebuah kebiasaan baru di masyarakat Indonesia khususnya pada tren wisata.

Beberapa tren wisata yang terjadi setelah masa pandemi

Setelah 2 tahun lamanya Indonesia dan seluruh dunia dihadapkan dengan suatu penyakit yang mengancam nyawa, bahkan kamu juga tahu bahwa Covid 19 sudah memakan banyak korban. Sudah menjadi hal pasti, pandemi tersebut membuat pola hidup masyarakat dunia berubah.

Tidak hanya pada sektor ekonomi saja, namun di sektor lainnya juga sudah pasti terdampak. Salah satunya pariwisata, bahkan bila kamu perhatikan dan sadari tren wisata di masyarakat terutama Indonesia juga berubah. Lalu apa saja perubahan tersebut? Simak ulasan di bawah ini :

  1. Ketika berwisata lebih suka individual

Tren yang belakangan paling banyak dilakukan oleh para wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara adalah sebelum adanya pandemi biasanya mereka akan datang secara berkelompok, namun kemudian covid 19 masuk ke Indonesia yang membuat semua kegiatan terbatas termasuk untuk wisata. 

Saat itu pun pemerintah mulai memperbolehkan untuk melakukan kegiatan wisata dengan syarat tidak berkelompok dan lebih baik menghindari tempat-tempat yang ramai. Karena kegiatan tersebut sudah kita lakukan selama 2 tahun lamanya, tentunya sudah menjadi kebiasaan tersendiri saat ingin berwisata pada akhirnya lebih suka melakukannya secara individual atau dengan kelompok yang minim.

1. Wisata alam menjadi favorit

Di masa sebelum pendami tidak terlalu banyak wisatawan lokal khususnya yang menyukai kegiatan alam, namun mulai memasuki masa pandemi kemarin area wisata alam memang masih dibuka namun dengan jumlah turis yang dibatasi.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke lokasi wisata, memanfaatkan momen di mana tidak akan menemukan terlalu banyak orang di area tersebut. Sehingga setelah pandemi berlalu pun kegiatan wisata alam masih menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang penat dengan kegiatan sehari-hari.

2. Mengutamakan lingkungan, kebersihan, kesehatan serta keselamatan

Trend wisata selepas pandemi berlalu berikutnya adalah semua orang pada akhirnya lebih memperhatikan kesehatan, keselamatan, kebersihan serta lingkungannya. Tentunya ini menjadi salah satu hal yang positif karena bagaimanapun semua hal tersebut memang harus diterapkan demi kebaikan diri sendiri.

3. Wisata virtual

Ketik kapan demi lalu kegiatan wisata yang satu ini memang cukup menarik perhatian karena kamu tidak perlu datang ke lokasi wisata yang diinginkan, kamu cukup duduk manis di atas kasur atau di sofa yang ada di rumah.

Karena kegiatan wisata virtual ini tidak mengharuskan kamu untuk datang ke destinasi yang dimaksud, namun cukup menggunakan smartphone atau laptop serta koneksi internet yang stabil. Tetapi kamu juga harus tahu walaupun namanya wisata virtual para wisatawan tetap harus membayar tiket selayaknya ketika masuk ke area wisata yang diinginkan.

4. Lebih memilih staycation

Trend ke-7 adalah staycation, aktivitas ini merupakan salah satu yang kerap dilakukan oleh banyak orang saat pandemi yang lalu. Namun kenyataannya setelah pandemi pun masih banyak juga yang memilih station sebagai salah satu kegiatan wisata.

Di mana mereka yang melakukan staycation ini biasanya adalah orang-orang yang sudah terlalu penat dengan pekerjaan tetapi tidak bisa pergi terlalu jauh karena ada deadline yang harus tetap diselesaikan.

5. Voluntourism

Trend wisata ke-8 yaitu voluntourism. Ini merupakan sebuah kegiatan wisata yang menggabungkan antara menjadi sukarelawan sekaligus berwisata di waktu yang bersamaan. Grand wisata yang satu ini kerap dilakukan oleh turis luar negeri, namun belakangan ini diketahui sudah banyak pula wisatawan lokal yang melakukan aktivitas voluntourism

6. Wellness trip

Ketika vakansi sekarang ini tidak cuma berfokus pada aktivitas yang bersifat senang-senang atau berfoto ria hingga kuliner. Ada istilah baru yang disebut dengan wellness trip yang mana ini merupakan salah satu trend berwisata terbaru yang kerap dilakukan oleh wisatawan.

Wellness trip sendiri adalah sebuah aktivitas berlibur dan mempunyai tujuan untuk meningkatkan serta memelihara kesehatan tubuh. Kegiatan yang termasuk dalam tren ini seperti bersepeda meditasi hiking melakukan perawatan kecantikan dan masih ada yang lain juga.

Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan wellness trip ini sudah sering dilakukan oleh warga negara dari Korea Selatan karena memang negara tersebut mempunyai bentang alam terkenal dan juga indah serta banyak sekali pengobatan tradisionalnya.

Nah, itulah tadi 7 trend wisata yang sekarang ini kerap dilakukan oleh para wisatawan dari Indonesia, di mana beberapa kegiatan wisata yang kerap kita lakukan di masa pandemi pada akhirnya menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan sampai sekarang. Kira-kira dari 7 trend wisata di atas mana yang paling sering kamu lakukan?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *