Hanya Siapkan Paspor, Berikut Negara-negara Bebas Visa di Eropa

Eropa merupakan salah satu benua paling populer di dunia yang selalu disesaki wisatawan. Tidak heran bila mengingat ada banyak sekali destinasi wisata alam, sejarah, hingga modern yang tidak pernah kehilangan pesonanya. Ingin liburan ke Eropa tapi malas mengurus visa? Mendapatkan visa memang tidak mudah, prosesnya cukup panjang, ditambah lagi dengan biayanya yang mahal membuat banyak orang mengurungkan niat untuk jalan-jalan ke sana.

Tapi apakah Anda tahu bahwa ada beberapa negara di benua tersebut yang bisa dikunjungi dengan paspor saja? Ya, turis luar negeri bisa masuk tanpa visa. Nah berikut ini ada beberapa negara bebas visa di Eropa yang menarik untuk dikunjungi, silahkan dicatat.

  1.     Serbia

Mulai November 2014, Anda bisa berkunjung ke Serbia sampai 90 hari lamanya tanpa visa.  Perlu diingat bahwa paspor milik Anda harus tetap valid selama tinggal di negara tersebut. Ketika berada di Serbia, ada beberapa tempat menarik yang bisa didatangi. Seperti sebuah kastil megah dengan Kalemegdan Park yang indah yakni Belgrade Fortress, kota klasik Subotica yang penuh dengan bangunan cantik, serta kota Novi Sad yan berada di tepi sungai Danube.

Meskipun Serbia tidak seterkenal Belanda atau Perancis, tapi negara ini juga pantas untuk dikunjungi. Apalagi biaya hidupnya tidak terlalu mahal, sangat cocok untuk para traveler yang ingin liburan dengan budget rendah.

  1.     Georgia

Georgia berada di persimpangan bagian Eropa dan Asia, memiliki banyak destinasi wisata alam yang siap membuat takjub. Saat berkunjung ke negara ini, pastikan Anda memasukan nama desa bersejarah Svaneti dalam daftar tempat liburan. Selain itu juga ada gua Vardzia, kota warna-warni Tbilisi, Kota Gergeti Trinity Church yang berada di atas bukit, kota Stepantsminda, hingga kota Batumi yang gemerlap. Untuk masuk ke negara ini, para wisatawan harus memegang paspor dinas atau diplomatik yang masih valid sehingga dapat menikmati fasilitas bebas.

  1.     Kroasia

Ingin berburu wisata alam yang indah di Eropa? Anda bisa melirik negara Kroasia yang menjadi surga para wisatawan. Pastikan Anda mendatangi tempat-tempat berikut saat wisata ke Kroasia, yakni danau dan air terjun menakjubkan di Plitvice Lakes National Park, kota tua cantik di pinggir laut yang indah Dubrovnik, Hvar Town yang glamor, tempat bersantai yang membuat terpana pantai Zlatni Rat, hingga kota Zagreb yang hidup. Anda yang memegang paspor dinas dan paspor diplomatik dapat berkunjung selama 14 hari di negara Kroasia.

  1.     Turki

Anda bisa mendapatkan fasilitas bebas visa bila memiliki paspor dinas atau diplomatik, dengan waktu menetap maksimal 30 hari. Sedangkan untuk pemegang paspor biasa, Anda tetap harus mengurus e-Visa untuk bisa terbang ke negara Turki. Selama berkunjung, cobalah pengalaman baru dengan menaiki balon udara di Cappadocia, berendam di Pamukkale, berkunjung ke kota penghasil Wine Sirince, berburu oleh-oleh di pasar tertua di dunia Grand Bazaar, serta berkeliling kota sambil menikmati peninggalan sejarah dari masa kejayaan romawi dan yunani kuno di Selcuk.

  1.     Belarus

Warga negara Indonesia pemegang paspor biasa dapat menikmati fasilitas bebas visa ke Belarus per tanggal 12 Februari 2017 selama 5 hari. Kebijakan ini tidak berlaku bila Anda ingin terbang dari Rusia menuju Belarus maupun sebaliknya. Silahkan manfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin dengan mengunjungi objek-objek wisata menarik seperti Best Fortress, Mir Castle Complex, kota Minsk, dan Belovezhskaya Pushcha National Park.

  1.     Rusia

Negara ini juga memudahkan akses pengunjung yang memegang paspor dinas dan diplomatik selama 14 hari, jadi tidak perlu mengurus visa. Rusia juga memberikan fasilitas kunjungan tanpa visa bagi tamu warga negara asing yang datang dengan tujuan bisnis dan memegang APEC Business Travel Card. Setibanya di sana, manfaatkan waktu Anda untuk berkunjung ke Red Square, danau Bulinskaya, Gunung Elbrus, Tuva, Olkhon Island, hingga Kamchatka Peninsula.

  1.     Andorra

Berada di tengah Prancis dan Spanyol, merupakan negara kecil yang menjadi tempat terbaik untuk menikmati salju ketika musim dingin. Anda dapat mengelilingi kota Andorra la Vella yang menjadi pusat perbelanjaan dan surga penikmat bangunan klasik saat berkunjung di musim panas, menikmati suasana tenang pedesaan La massana, hiking di Rec del Sola, hingga berfoto di atas La Marginea, jembatan tua terkenal di Andorra.

Cukup siapkan paspor Indonesia, maka Anda dapat menikmati fasilitas bebas visa yang berlaku untuk 9 hari kunjungan. Meskipun tidak memerlukan visa, Anda tetap memerlukan visa Schengen karena harus melewati Prancis atau Spanyol sebelum masuk ke negara tersebut.

  1.     Ukraina

Pemegang paspor Indonesia juga dapat mengunjungi Ukraina dengan menikmati layanan visa elektronik selama 30 hari lamanya. Untuk memperolehnya, Anda tidak perlu mendaftar dan menunjukkan dokumen apapun kepada kedutaan Ukraina di Indonesia. Negara ini menarik untuk dikunjungi wisatawan karena mempunyai 7 situs warisan UNESCO, mulai dari kota tua Chersonesos hingga Katedral Saint-Sophia di Kiev.

Tunggu apalagi? Sekarang Anda bisa melaksanakan keinginan jalan-jalan ke negara Eropa tanpa perlu mengurus visa yang merepotkan. Semoga informasi kami di atas dapat menjadi referensi tempat liburan selanjutnya, ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *