Tips Jalan-Jalan Murah Keluar Negeri

Hampir semua orang menyukai jalan-jalan apalagi destinasi yang dituju adalah luar negeri. Banyak hal yang menjadi hambatan setiap orang ketika ingin melakukan rekreasi ke negara asing seperti kondisi keuangan yang tidak mencukupi untuk bisa berlibur ke luar negeri.

Namun kenyataannya hal ini seakan sudah tidak terlalu menjadi masalah besar karena sudah tersedia berbagai cara yang dapat Anda lakukan supaya tetap bisa melakukan aktivitas jalan-jalan keluar negeri dengan uang pas-pasan. Anda harus bisa mengelola uang sebaik mungkin. Lalu, pengelolaan finansial seperti apa yang harus dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

1.       Berangkat Ketika Musim Dingin

Jika Anda memiliki destinasi liburan di sebuah negara yang mempunyai empat musim itu berarti waktu terbaik dalam rencana liburan yakni ketika masuk musim dingin. Kenapa? Karena biasanya harga dari tiket pesawat serta biaya penginapannya cenderung murah, dengan begitu Anda dapat menghemat sampai setengah biaya jika kita bandingkan bila Anda berlibur saat musim panas.

Untuk musim dingin sendiri akan berlangsung setidaknya 2 sampai 3 bulan saja. Apabila Anda penasaran dan ingin merasakan kondisi udara yang begitu dingin sampai ke tulang, bulan kedua pada musim dingin merupakan waktu paling tepat untuk berangkat.

2.       Melakukan Liburan Bersama

Bukan Anda saja yang menyukai traveling ke luar negeri, tidak sedikit orang yang ingin jalan-jalan keluar negeri. Maka dari itu, Anda bisa mengajak orang lain baik teman, kerabat atau keluarga diajak liburan bersama. Lewat metode ini, Anda bisa melakukan jalan-jalan keluar negeri dengan uang pas-pasan.

Jika semakin banyak teman yang Anda ajak tentu pengeluaran bisa semakin kecil, dan bila kerabat atau teman Anda tidak ingin melakukan liburan bersama keluar negeri, Anda dapat bergabung ke berbagai komunitas backpacker atau orang-orang suka traveling. Melakukan liburan dengan para backpacker tidak sekedar untuk bersenang-senang saja, melainkan Anda bisa memperluas jaringan serta pertemanan.

3.       Menukar Poin Menjadi Promo Menarik

Jika Anda termasuk orang pengguna kartu kredit, Anda perlu giat dalam hal mengumpulkan poin dari kartu kredit. Seluruh poin yang telah terkumpul bisa Anda tukar dengan beberapa promo menarik, salah satunya promo potongan harga tiket pesawat terbang.

Tidak hanya promo harga tiket pesawat saja, Anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan diskon tempat makan, hotel selama Anda berada di destinasi atau negara yang didatangi. Dengan begitu, Anda sudah bisa menekan banyak pengeluaran.

4.       Menggunakan Fasilitas Gratis

Jika di luar negeri tentu tidak aneh jika tersedia banyak sekali fasilitas gratis yang dapat Anda manfaatkan saat berada disana. Fasilitas tersebut berupa Wi-Fi gratis, isi air gratis dan lain sebagainya. Tidak usah malu akan hal ini, karena dengan Anda mengoptimalkan fasilitas gratis yang tersedia, itu berarti Anda sudah berhasil menekan pengeluaran sampai 30 persen.

Jika seharusnya pengeluaran Anda sebesar 20 juta, bila menggunakan fasilitas gratis secara optimal maka dana yang Anda keluarkan hanya 15 juta saja. Padahal ini baru menggunakan tips sebagai pemburu fasilitas gratis, Anda bisa bayangkan jika semua tips yang dibahas pada artikel tersebut semuanya Anda terapkan ? Mungkin dengan uang yang sedikit Anda sudah bisa melakukan jalan-jalan keluar negeri.

5.       Menabung dengan Tarif Administrasi yang Kecil

Untuk Anda yang selalu mengalami hambatan ketika menabung, Anda bisa membuat rekening tabungan baru yang menggunakan sistem auto-debit. Ketika tanggal gajian, perusahaan terkait akan memotong gaji milik Anda secara otomatis untuk ditabung, dan nantinya jumlah gajinya tidak akan sama dengan gaji sebelumnya.

Akan tetapi, Anda perlu memastikan bank yang sudah Anda pilih cuma mengenakan tarif administrasi bulan kecil. Dengan begitu dana yang ditabung akan kelihatan jelas jumlahnya.

6.       Menetapkan Dana Selama Liburan

Sebelum berangkat traveling ke luar negeri, Anda harus menetapkan berapa dana per hari yang dihabiskan saat berada di sana. Dengan menetapkan berapa budget yang akan dikeluarkan, Anda mempunyai gambaran terkait seberapa banyak uang yang dihabiskan selama melakukan aktivitas jalan-jalan.

Jika negara yang menjadi tujuan merupakan negara dengan biaya hidup yang mahal, Anda disarankan untuk lebih berhemat, seperti menyiapkan makanan dengan memasaknya sendiri.

7.       Membatasi dan Menghindari Membeli Oleh-Oleh yang Tidak Diperlukan

Kaum traveler sering mengatakan bahwa membeli oleh-oleh menjadi salah satu alasan pengeluaran mereka menjadi sangat tinggi. Apabila Anda juga mengalami hal yang sama, sebaiknya lakukan evaluasi akan hal ini, Anda harus menyusun siapa saja yang akan menerima oleh-oleh lalu memilih jenis oleh-oleh.

Jika Budget terbatas, Anda harus membatasi para penerima oleh-oleh dan menyesuaikan jenis oleh-oleh dengan budget yang tersedia. Apabila benar-benar tidak memiliki budget atau tidak memungkinkan untuk membelinya, sebaiknya skip atau tidak perlu membeli oleh-oleh karena jika uang Anda pas-pasan tentu itu akan membahayakan selama berada di negara orang, karena kita tidak tahu apa yang terjadi kedepannya.

Visit: Senyumku.com

Published
Categorized as Tips

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *